Selamat Datang Di Insanak Kitte Blog. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Minggu, 11 November 2012

BUBUR SAMBAS MENYEMARAKKAN KULINER NUSANTARA

Jalan- jalan ke Nusantara, kemudian singgah ke Kalimantan barat, rugi kalau tak menyantap kuliner ini. Nusantara yang sudah terkenal kaya akan berbagai jenis kuliner, juga mempunyai ratusan jenis bubur. Bubur yang Satu adalah unik dikenal dengan nama Bubur Pedas atau Bubur Sambas menambah semarak kuliner nusantara. Bubur ini diklaim sebagai makanan asli dari Kerajaan Melayu Sambas Kalimantan Barat. 

Membuat bubbor padas diperlukan kepiawaian khusus. Sebab cara memasaknya agak rumit, selain bumbu dan bahan- bahannya beragam, prosesnya juga memakan waktu 1 sampai 2 jam. Sebelum mencoba untuk memasaknya sebaiknya tanyakan dulu kepada warga Sambas yang ahli memasak Bubbor Paddas. 

Mengapa disebut Bubbor Paddas? Dalam bahasa daerah asalnya Melayu Sambas "Bubbor Paddas" berarti Bubur Pedas. Nama yang mungkin terdengar aneh. Bagaimana tidak, begitu kita memakannya bubur ini tidak terasa pedas sedikitpun jika tidak diberi sambal di dalamnya. Hanya rasanya gurih dan segar dengan bahan- bahan dan bumbu yang telah menyatu. Tak lengkap rasanya bila ke Kalimantan Barat tidak menyantap Bubur Pedas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar anda pada kolom di bawah ini